Aplikasi Pelayanan Desa Online

SIPADE adalah aplikasi online berbasis android yang ditujukan untuk membantu pemerintah desa dalam memberikan pelayanan administrasi baik itu administrasi surat-menyurat maupun administrasi kependudukan lainnya. Karena online berbasis, aplikasi SIPADE bisa di akses dari komputer atau smartphone dimana saja dengan satu data yang sama, artinya ketika memodifikasi data di satu tempat maka secara otomatis yang lain mengikuti, tidak perlu merubah satu-satu di setiap komputer.
Sedangkan untuk permohonan surat menyurat dari penduduk desa, SIPADE juga dilengkapi dengan aplikasi android sehingga penduduk bisa mengisi formulir permohonan dari rumah dan tinggal ke balai desa / kelurahan untuk verifikasi data, mencetak, dan menandatanganinya. Selain bisa meminta surat kapan saja dan dimana saja, adanya aplikasi berbasis android membuat penduduk tidak perlu lama antri di balai dalam meminta pelayanan surat. Juga memudahkan kasi pelayanan dalam memberikan pelayanan karena tidak perlu input data sendiri tapi sudah diinputkan oleh pemohon surat. Selain itu, input permohonan oleh yang berkepentingan langsung meminimalisir kesalahan, terutama untuk input data penduduk yang belum tinggal di Desa yang bersangkutan, misalnya data calon pengantin, pendatang, ataupun data kepindahan.
Semua fitur pelayanan administrasi surat telah disesuaikan dengan format dari mendagri, dinas kependudukan dan catatan sipil, juga dengan format surat nikah dari Kementrian Agama yang baru.

SIPADE :

  1. Online 24 jam, sehingga bisa diakses kapan saja dan di mana saja. Penduduk juga bisa mengajukan permohonan surat kapan saja dan dimana saja..
  2. Komputer atau laptop desa tidak perlu menginstal aplikasi. Catatan harus terhubung dengan internet..
  3. Kades/perangkat desa yang bertanda tangan tidak harus stand by di kantor desa..
  4. Setting/pengaturan (merubah, menambah, menghapus) data tidak perlu merubah satu per satu di setiap PC/laptop. Dikarenakan SIPADE berbasis online, artinya ketika memodifikasi data di satu tempat maka secara otomatis yang lain mengikuti..

PERBEDAAN PENGGUNA SIPADE:

  1. PERANGKAT DESA
  • Kebijakan pencetakan dan penandatanganan surat sepenuhnya wewenang pemerintah desa, termasuk untuk tidak mencetakkan permohonan tersebut..
  1. MASYARAKAT UMUM
  • Tidak diberikan kewenangan untuk mencetak dan menandatangani surat permohonan sendiri. Hanya bisa memohon surat pelayanan..

Pengguna/user SIPADE melalui PC/LAPTOP :

Perangkat desa yang telah dipercaya dan diberi wewenang untuk mengetahui USERNAME dan PASSWORD dari web desa yang bersangkutan. Sekaligus perangkat desa yang diberi wewenang untuk menandatangani surat pelayanan yang dikeluarkan oleh pihak desa. Sebagai contoh :

  1. Kepala Desa
  2. Sekretaris Desa
  3. Kasi Pelayanan
  4. Kasi Pemerintahan…….

Atau yang lainnya

Pengguna SIPADE melalui HP android :

Masyarakat umum, dengan catatan desa tersebut sudah memiliki web desa untuk aplikasi pelayanan SIPADE..